Biasanya, ketika aku menemukan suatu pemahaman yang aku anggap sebuah kebenaran, yang berdasar dan bersumber dari bahan bacaan atau perkataan seseorang, maka aku akan berusaha semaksimal mungkin untuk mempertahankan kebenaran tersebut. Setelah itu akan aku sebarkan kebenaran tersebut. Bila perlu, aku akan mencari dan berkonfrontasi dengan oposisi ku; orang-orang  yang berbeda kebenaran denganku. Akan aku keluarkan semua data dan manuskrip andalanku untuk melawan mereka. Tujuan akhirku adalah agar oposisiku mengamini, sejalan dan sama-sama menganut kebenaran versiku yang aku anggap benar.

Yang aku lakukan ini adalah semata-mata untuk memasarkan sebuah pemahaman yang menurut ku adalah sebuah kebenaran, demi tegaknya kebenaran yang aku anggap benar.

Tapi, kata temanku, menemukan “kebenaran” tidak cukup hanya dengan membaca, mendengarkan dan memenangkan perdebatan. Menemukan “kebenaran” dengan benar adalah dengan sebuah pembuktian nyata melalui sebuah laku ke dalam diri, tindakan kepada diri, proses perjalanan menuju diri.

Kata temanku, penemu-penemu “kebenaran” kadang bersembunyi dan tersembunyi. Penemu-penemu “kebenaran” merasa tidak perlu untuk menampakkan diri.

Mereka tidak perlu mencari lawan untuk berkonfrontasi, karena mereka sadar, pada hakikatnya, semua manusia sedang diperjalankan untuk menemukan ”kebenaran”.

Mereka tidak perlu memasarkan sebuah “kebenaran”, karena mereka sadar, pada hakikatnya, para pencari  “kebenaran” pasti akan dipertemukan dengan para penemu “kebenaran”.

Pada hakikatnya, “kebenaran” itu sendiri akan menghampiri setiap manusia yang dengan sungguh sungguh mencari “kebenaran”.

Dan katakanlah: “Yang benar telah datang dan yang batil telah lenyap.” Sesungguhnya yang batil itu adalah sesuatu yang pasti lenyap. (QS. Al-Isra [17] : 81)

”Kebenaran itu adalah dari Tuhanmu, sebab itu jangan sekali-kali kamu termasuk orang-orang yang ragu.” (QS. Al Baqarah [2] : 147)

6 thoughts on “Kebenaran

Leave a Reply

